Minggu, 24 Februari 2019

Profil Benua Afrika Secara Singkat

Afrika ialah benua paling besar ke-3 dalam dunia sesudah Asia serta Amerika (utara serta tengah serta selatan) serta ke-2 paling banyak penduduknya sesudah Asia. Dengan luas lokasi 30.224.050 km² termasuk juga pulau-pulau yang bersisihan, Afrika mencakup 20,3% dari semua keseluruhan daratan Bumi. Dengan 800 juta masyarakat di 54 negara, benua ini adalah tempat buat sepertujuh populasi dunia. 


Profil Benua Afrika

Sejarah Benua Afrika 

Kata Afrika datang dari bahasa Latin, Africa terra — "tanah Afri" (bentuk jamak dari "Afer") — untuk tunjukkan sisi utara benua itu, sekarang ini adalah sisi dari Tunisia, tempat posisi propinsi Romawi untuk Afrika. Asal kata Afer mungkin dari bahasa Fenisia, 'afar bermakna debu; atau dari suku Afridi, yang menempati sisi utara benua dekat Kartago; atau dari bahasa Yunani aphrike bermakna tiada dingin; atau dari bahasa Latin aprica bermakna cerah.

Baca: Profil Benua Australia

Afrika ialah rumah manusia yang sangat awal, dari benua ini manusia lalu menebar ke benua-benua lainnya. Afrika ialah tempat dimana garis evolusi kera jadi berlainan dari protohuman tujuh juta tahun yang kemarin. Afrika adalah hanya satu benua yang ditempati nenek moyang manusia sampai seputar dua juta tahun lampau saat Homo erectus berkembang ke luar Afrika ke arah Eropa serta Asia. Lebih dari 1,5 juta tahun lalu, populasi dari tiga benua itu ikuti evolusi yang berbeda hingga mereka jadi spesis yang berlainan. Yang di Eropa jadi Neanderthal, yang di Asia masih Homo erectus, tapi yang di Afrika berevolusi jadi Homo sapiens. 

Kondisi Geografis Benua Afrika 

Afrika ialah yang paling besar dari ke-3 benua di belahan selatan Bumi serta yang paling besar ke-2 sesudah Asia dari semua benua. Luasnya kira-kira 30,244,050 km2 (11,677,240 mil2) termasuk juga kepulauan di sekelilingnya, mencakup 20.3% dari keseluruhan daratan di bumi serta didiami lebih dari 800 juta manusia, atau seputar sepertujuh populasi manusia di bumi., lihat: Peta Benua Afrika

Dipisahkan dari Eropa oleh Laut Tengah, Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya lewat Terusan Suez yang mempunyai lebar 130 km. Semenanjung Sinai yang dipunyai oleh Mesir seringkali dipandang dengan geopolitis menjadi sisi dari Afrika. Dari ujung sangat utara, Cape Spartel di Maroko, di 37°21′ lintang Utara, ke ujung sangat selatan, Cape Agulhas di Afrika Selatan, 34°51′15″ lintang Selatan, terbentang jarak seputar 8000 km; dari ujung sangat barat, Cape Verde, 17°33′22″ bujur Barat, sampai ujung sangat timur, Ras Hafun di Somalia, 51°27′52″ bujur Timur, jaraknya seputar 7.400 km. Panjang garis pantainya 26.000 km (menjadi perbandingan, Eropa, yang mempunyai luas 9.700.000 km² mempunyai garis pantai 32.000 km. 

Kondisi Ekonomi serta Agama 

Ekonomi : Afrika ialah benua termiskin yang didiami masyarakat: Human Development Report 2003 dari PBB (dengan 75 negara) mendaftar tempat 151 (Gambia) sampai 175 (Sierra Leone) dengan beberapa negara Afrika. 

Agama ; Orang Afrika memeluk agama yang berlainan, dengan Kristen serta Islam menjadi agama sebagian besar di benua Afrika. Seputar 50% orang Afrika ialah Kristen serta 35% yang lain Muslim. Kira-kira 15% orang Afrika memeluk agama asli Afrika. Sebagian kecil pun memeluk Yudaisme, seperti suku Beta Israel serta Lemba. 

Agama mempunyai fungsi besar dalam kehidupan di Mesir. Dengan tidak sah, adzan yang dikumandangkan lima kali satu hari jadi penentu beberapa pekerjaan. Kairo dikenal juga dengan beberapa menara masjid serta gereja. Menurut konstitusi Mesir, semua perundang-undangan mesti sama dengan hukum Islam. Negara mengaku mazhab Hanafi melalui Kementerian Agama. Imam dilatih di sekolah ketrampilan untuk imam serta di Kampus Al-Azhar, yang mempunyai komite untuk memberi fatwa untuk permasalahan agama.

Baca: Profil Benua Australia

90% dari masyarakat Mesir ialah penganut Islam, sebagian besar Sunni serta beberapa pun berpedoman ajaran Sufi lokal. Seputar 10% masyarakat Mesir berpedoman agama Kristen; 95% dalam denominasi Koptik (Koptik Ortodoks, Katolik Koptik, serta Protestan Koptik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Teknologi

Resources

Travel