Kamis, 07 Februari 2019

Profil Benua Asia Secara Singkat

Proses terjadinya benua Asia tercipta pada beberapa ribu tahun yang kemarin. Benua ini mempunyai luas lokasi seputar 51.053.817 km2. Benua Asia dijuluki menjadi negara yang terbesar, karena luas Benua Asia hampir sepertiga dari daratan yang ada dalam dunia. Pada perihal luas daratan cuma 30% dari luasnya permukaan bumi serta sepertiga dari 30% itu dipunyai oleh Benua Asia. Jadi bisa diambil kesimpulan jika benua Asia hampir kuasai daratan yang ada dalam dunia. Menjadi benua yang terbesar, tempat Benua Asia di bumi bisa diterangkan pada bahasan berikut ini.

Profil Benua Asia 

Letak dari benua Asia, beberapa ada pada belahan bumi sisi utara. Sedang, dengan astronomi, letak benua Asia ada diantara 110 Lintang Selatan (LS) – 800 Lintang Utara (LU) serta 260 Bujur Timur (BT) – 1700 Bujur Barat (BB). Efek yang diakibatkan dari letak astronomi Benua Asia itu. Jadikan Benua Asia: 

Letak Benua Asia pada belahan bumi sisi utara, terkecuali sisi Selatan Kepulauan Indonesia di Asia Tenggara. Benua Asia mempunyai iklim yang ada di semua lokasi yang ada dalam dunia. Di bagian selatan benua Asia mempunyai ilkim tropis dengan beberapa kembali beriklim muson. Di bagian sangat Utara beriklim kutub. Di antara sisi selatan serta utara ada iklim tengah di sejumlah sisi kembali beriklim sub tropis serta gurun.

Baca: Profil Benua Eropa

Benua Asia yang mempunyai panjang 1750 atau hampir 1/2 dari keliling dunia, jadikan ke-2 ujung Benua Asia mempunyai ketidaksamaan waktu sampai 12 jam. Jika di pinggir sangat barat Benua Asia tengah alami matahari keluar. Jadi pada pinggir benua Asia sangat timur dengan mengalamai matahari tenggelam. Garis meredian yakni 1800 sudah memotong sisi ujung timur dari Benua Asia, hingga seputar 100 terdapat pada bujur barat, serta sisi yang paling besar dari benua Asia terdapat pada bujur timur.

Batas Wilayah Benua Asia

Mengenai batas- batas lokasi yang dipunyai oleh Benua Asia, bisa diterangkan seperti berikut. 
  • Sebelah Timur bersebelahan dengan Samudra Pasifik. 
  • Sebelah Utara bersebelahan dengan Daratan Eropa. 
  • Sebelah Barat bersebelahan dengan Laut Merah, Benua Afrika, serta Samudra Hindia. 
  • Sebelah Selatan bersebelahan dengan Samudra Hindia serta Benua Australia. 
  • Setelah itu, sesudah dikasihkan keterangan mengenai letak astronomi serta batas – batas benua Asia, baik dari utara, timur, selatan, serta barat. Bahasan setelah itu menuturkan mengenai kenampakan alam Benua Asia. 
Baca: Pembagian Wilayah Benua Asia

Kenampakan Alam Benua Asia 

Dilihat dari bentuk kenampakan alam benua Asia. Benua Asia adalah satu daratan dengan Benua Eropa. Ada opini yang mengatakan benua Asia menjadi Eurasia sebab satu daratan dengan Benua Eropa itu. Letak benua Asia, dengan geografis, yakni Benua Asia diantara Laut Es Utara (di samping utaranya) dengan Lautan Hindia (di samping selatannya). 

Benua Asia terdapat diantara benua Afrika serta Eropa (di samping baratnya) dengan Samudra Pasifik (di samping timurnya). Batas pada benua Asia serta Benua Eropa yakni Pegunungan Ural yang rendah serta dataran rendah lembah sungai Ural di bagian selatan. Benua Asia serta Benua Afrika tidak terpisah keseluruhannya. Ada daratan sempit sebagai penghubung di antara kedua-duanya. Yakni Gurun Sinai yang ada pas diantara Laut Merah serta Laut Tengah. Ke-2 benua ini, yakni Asia serta Afrika terputus sesudah dibikin Terusan Suez. Diluar itu, Laut Merah serta Teluk Aden adalah satu sisi dari laut sempit sebagai pemisah pada benua Asia serta Benua Afrika. 

Setelah itu, dilihat dari bentuk permukaannya di bumi. Benua Asia bisa dibedakan jadi beberapa bentuk, yang bisa diterangkan seperti berikut. 

Di bagian barat Myanmar diketemukan anak Benua India yang disebut satu semenanjung. Awalannya, daratan ini terdapat di bagian selatan dari Asia, akan tetapi terikut oleh geseran lempeng Indo – Australia. Sampai selanjutnya, daratan berupa segitiga itu bertumbukan dengan pantai selatan Asia. Karena keadaan itu, jadi terbentuklah Pegunungan Himalaya. Di bagian selatan, terbentang lembah Sungai Indus, Gangga, serta Brahmaputra. Sedang, di bagian segitiga yang sangat selatan adalah Dataran Tinggi Dekan. 

Di Asia Tenggara terbentang jejeran pegunungan Alpen – Banda, lalu Sirkum Pasifik, serta Lingkar Australian. Masing – masing pegunungan mempunyai lempeng benua serta jejeran gunung api. Keadaan ini membuatnya sangat labil, akan tetapi memiliki kandungan kekayaan alam serta tingkat kesuburan tanah yang tinggi sekali. 

Pada pantai timur Asia, yang terbagi dalam Kepulauan Kuril, Ryukyu di Jepang, serta Taiwan, adalah sisi dari pinggir lempeng Asia yang membelok. Pembelokan itu menjadi akibatnya karena tumbukan dengan lempeng Pasifik. 

Selanjutnya, titik paling rendah dalam dunia terdapat di Benua Asia, persisnya di Laut Mati yang terdapat di negara Yordania. Tidak hanya titik paling rendah, Benua Asia pun mempunyai titik paling tinggi, yakni Gunung Everest yang terdapat di pegunungan Himalaya. 

Serangkaian pegunungan yang berada di benua Asia yang penting ialah 
  • Pegunungan Himalaya serta Pegunungan Hindu Kush yang ada di India. 
  • Pegunungan Zagros yang terdapat di Iran. 
  • Pegunungan Altai yang terdapat di Rusia. 
  • Pegunungan Kun Lun terdapat di Cina. 
  • Pegunungan Siberia Selatan 
  • Pegunungan Karakorum yang terdapat di Semenanjung Malaya. 

Benua asia pun mempunyai beberapa dataran tinggi. Dataran tinggi yang populer yakni Dataran Tinggi Dekkan yang terdapat di India, Dataran Tinggi Anatoli yang terdapat di Turki, serta Dataran Tinggi Tibet. Lalu sungai – sungai yang mengalir di benua Asia yakni Sungai Indus terdapat di Pakistan, Sungai Gangga terdapat di India, Sungai Ob, Sungai Yang Tse, Sungai Huang Ho terdapat di Cina, serta Sungai Mekong.

Baca: Profil Benua Afrika

Kenampakan alam yang lainnya di benua Asia 

Danau – danau penting yang berada di benua Asia yakni Danau Aral, Danal Balkash, Sanau Baikal, serta Danau Laut Kaspia. Tidak hanya danau, benua Asia pun mempunyai bentangan alam yakni lainnya, seperti gurun. Gurun – gurun yang berada di Benua Asia yakni Gurun Thar terdapat di India, Gurun Arab serta Gurun Sinai terdapat di Timur Tengah, Gurun Taklamakan serta Gurun Gobi yang terdapat di RRC serta Mongolia. Gurun Gobi dikatakan menjadi gurun yang terluas di Asia. 

Plato – plato yang ada di benua Asia, bisa diterangkan seperti berikut 
  • Plato Turki yang dipagari oleh Pegunungan Pntic serta Pegunungan Taurus. 
  • Plato Iran yang dipagari oleh Pegunungan Zagros, Pegunungan Sulaiman, serta Pegunungan Elburz. 
  • Plato Tibet yang dipagari oleh Pegunungan Himalaya serta Pegunungan Kunlun. 
  • Plato Arabia yang mempunyai lereng terjal mengarah Laut Merah serta melandai mengarah Timur sampai selesai di lembah Sungai Tigris
  • Plato dekan yang ada di semenanjung India. Plato Dekan mempunyai lereng terjal mengarah barat serta membuat pegunungan barat. Plato ini pula melandai mengarah timur serta membuat pegunungan timur. 
  • Plato Yunan membentang dari mulai Shan States yang ada di Myanmar mengarah timur serta selatan. Mengarah timur, plato yunan itu membentang sampai pada Vietnam serta mengarah Selatan, plato Yunan itu sampai ke semenanjung Malaysia.

Sesudah diterangkan mengenai kenampakan alam dari Benua Asia, baik pegunungan, dataran, gurun, sungai, danau, serta plato. Setelah itu akan diterangkan mengenai iklim serta flora serta fauna yang berada di Benua Asia. Maksudnya adalah untuk tahu type flora serta fauna apa yang hidup di benua Asia, yang tentunya sesuai dengan iklim yang dipunyai oleh masing – masing lokasi. 

Iklim Benua Asia 

Benua Asia mempunyai beberapa macam iklim yang berlainan – beda, berdasar pada lokasi – wilayahnya.Bahkan juga semua zone iklim – iklim yang ada dalam dunia, dipunyai oleh benua Asia. Iklim – iklim itu bisa diterangkan, seperti berikut. 
  • Iklim tropis. Iklim tropis mempunyai curah hujan yang cukuplah tinggi serta mempunyai temperatur hawa yang relatif tinggi juga. Iklim topis bisa kita temui di lokasi Asia Selatan serta Asia Tenggara 
  • Iklim sub – tropis. Iklim sub – tropis bisa didapati di lokasi Asia Timur. Pada iklim sub – tropis, waktu musim panas, suhu jadi tinggi, akan tetapi musim dinginnya sejuk. Lalu akan alami hujan pada musim dingin, yang dihadapi oleh negara – negara di seputar Laut Tengah. 
  • Iklim tengah. Iklim tengah bisa didapati di lokasi Jepang, Cina, serta Korea. Iklim tengah ini kenal empat musim. Empat musim itu yakni musim panas, musim gugur, musim dingin, serta musim semi. 
  • Iklim dingin. Iklim dingin ini diikuti dengan waktu beku yang berlangsung hampir di selama tahun. Iklim dingin bisa didapati di Siberia. 
  • Iklim darat. Iklim darat bisa didapati di lokasi Gurun Gobi serta Timur Tengah atau di Asia Barat. Iklim darat ini dibagi jadi dua iklim, yakni iklim kontinental serta iklim gurun. 
  • Iklim mediteran. Iklim mediteran bisa didapati di lokasi Iran di bagian Utara, pesisir Laut Tengah, Suriah, serta Israel. 
  • Iklim kutub. Iklim kutub ini bisa didapati di lokasi Asia Utara, persisnya di Rusia serta Siberia. 
  • Iklim pegunungan. Iklim pegunungan ini bisa didapati di dataran tinggi Tibet sampai pada Mongolia.
Berdasar pada keterangan diatas, bisa didapati jika pada dasarnya benua Asia mempunyai 8 iklim yang berlainan – beda. Setelah itu, bisa diterangkan jika beberapa type iklim yang berada di benua Asia dikarenakan oleh luas lokasi Benua Asia yang hampir sepertiga dari luas daratan. Mengakibatkan iklim – iklim yang dipunyai oleh Benua Asia bisa di uraikan kembali seperti berikut.

Pada daerah pantai atau kepulauan terpenting pada lokasi zone tropis, adalah zone iklim laut yang basah. Lokasi tropis ini bisa didapati di Indonesia serta Filipina.

Sisi Asia selatan serta Asia tenggara beriklim muson, sebab bertemu dengan Australia yang letaknya di belahan bumi sisi selatan. Iklim muson yang dipunyai terbagi dalam dua musim, yakni musim penghujan serta musim kemarau. Serta di antara ke-2 musim itu (penghujan serta kemarau), ada musim pancaroba. Iklim muson ini bisa didapati di lokasi India, Bangladesh, Aisa Tenggara, serta pantai timur Cina. Lihat peta benua asia.

Di bagian pedalaman mempunyai iklim darat gurun atau semua gurun yang mempunyai karakter yang kering, begitu panas pada siang hari, dan begitu dingin saat malam harinya. Lokasi yang alami iklim ini, yakni Gurun Gobi, Gurun Thar, Gurun Sinai, Gurun Karakum, Gurun Kyzilkum, serta Gurun Arab.

Keterangan diatas memberi deskripsi yang selanjutnya mengenai pembagian type iklim – iklim yang ada di benua Asia. Diluar itu, memberi deskripsi atau panduan buat kita jika benua Asia kaya iklim yang bermacam. Keragaman iklim ini akan punya pengaruh pada flora serta fauna yang hidup didalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Teknologi

Resources

Travel