Minggu, 24 Februari 2019

Profil Benua Australia Secara Singkat

Benua Australia terdapat di selatan Indonesia . Dengan luas tidak didapati . Diketemukan oleh James Cook dari Inggris pada tahun 1770. Oleh karenanya, sampai saat ini Australia masih tetap termasuk juga dalam Persemakmuran Inggris

Profil Benua Australia 

Dalam geologi, Australia (pun dimaksud Australia-Nugini, Sahul, Meganesia, Australia Besar, Australasia, atau Australinea) ialah satu benua yang terbagi dalam (dalam grup ukuran) tanah daratan Australia, Guinea Baru, Tasmania, serta beberapa pulau paling dekat, yang ada di landas kontinen yang sama. Luas lokasi itu dipisahkan dengan lautan di luar landas kontinen —Laut Arafuru serta Selat Torres pada Australia serta Papua Nugini, serta Selat Bass pada daratan Australia serta Tasmania, baca: Iklim Benua Australia.

Letak Astronomis Benua Australia 

Perlu untuk diketahui bila benua Australia ialah benua yang paling kecil dalam dunia. Luas dari benua Australia yaitu 8,6 juta km2. Untuk jumlahnya masyarakat di benua Australia ialah 35 juta jiwa. Sebagian orang memandang benua Australia pun meliputi lokasi Oceania, akan tetapi perihal ini masih tetap jadi perbincangan dikalangan ahli geografi. 

Benua Australia meliputi daratan Australia yang penting, pulau di Papua Nugini dan pulau kecil di sekelilingnya. Di bawah ini letak astronomis Benua Australia: 

  • Dari sisi garis lintangnya, benua Australia ada di 10 derajat Lintang Selatan sampai 43 derajat Lintang Selatan. 
  • Dari sisi garis bujurnya, benua Australia ada di 113 derajat Bujur Timur sampai 153 derajat Bujur Timur. 
Baca: Profil Benua Amerika

Letak Geografis Benua Australia 

Dengan geografisnya, cuma ada 3 negara di benua Australia yakni Australia, Papua Nugini, dan beberapa dari lokasi Indonesia saja. Meskipun begitu, bila dihitung negara di lokasi Oceania jadi untuk keseluruhan keseluruhnya negaranya ialah 14 negara. Di bawah ini letak geografis benua Australia: 

  • Di samping utara benua Australia bersebelahan langsung dengan Selat Flores, Papua Nugini, Laut Arafuru dan Laut Timor. 
  • Di samping barat benua Australia bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia. 
  • Di samping timur benua Australia bersebelahan langsung dengan Laut Tasman, Samudera Pasifik dan Laut Koral. 
  • Di samping selatan benua Australia bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia. 

Letak Geologis Benua Australia 

Benua Australia letaknya ada dibagian bumi timur, belahan bumi selatan. Letak berikut yang jadikan Australia pun sering dimaksud dengan "benua bawah". Untuk alam Australia sendiri terdiri jadi tiga sisi. Di bawah ini letak geologis benua Australia: 

  1. Daerah sisi timur Australia berisi barisan pegunungan memanjang dari mulai Tanjung York dibagian utara sampai ke Pulau Tasmania. 
  2. Daerah sisi barat Australia berisi dataran tinggi yang biasa dimaksud Perisai Australia. Sebagian besar lokasi sisi barat serta tengah ialah gurun pasir yaitu Gurun Gibson dan gurun Victoria (lihat di tempat ini gurun terluas dalam dunia). 
  3. Daerah tengah diantara pegunungan timur serta dataran tinggi barat ialah lembah Murray Darling dan dataran rendah Danau Eyre. Danau Eyre ini juga jadi danau yang terbesar di Australia.
Baca juga: Profil Benua Asia


0 komentar:

Posting Komentar

 

Teknologi

Resources

Travel